Rabu, 14 Juli 2010

PROFIL SINGKAT KOMUNITAS ADAT "PATONGLOAN" MASSENREMPULU, KAB. ENREKANG

Secara administrativ komunitas Adat Patongloan berada dalam wilayah paling utara kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, oleh karena itu komunitas Adat Patongloan masuk dalam PD Aman Massenrempulu, Enrekang, Sulawesi Selatan namun demikian komunitas Adat Patongloan adalah suku Toraja asli. Batas wilayah Adat Patongloan, antara lain:
1. Sebelah Utara berbatasan dengan Komunitas Adat Tangsa dan Kabupaten Tana Toraja
2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Benteng Alla
3. Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Alla dan Kabupaten Tana Toraja
4. Sebelah Barat berbatasan dengan Komunitas Adat Rano, Tana Toraja
Jarak wilayah Adat Patongloan dari ibukota kecamatan sekitar 5 KM dan jarak dari ibukota kabupaten sekitar 35 Km. Jumlah penduduk komunitas Adat Patongloan sekitar 1500 KK.
Secara umum mata pencaharian masyarakat Adat Patongloan adalah petani, kisarannya sekitar 90% dan selebihnya adalah PNS, pedagang, TNI/PolRi. Pengelolaan sumber daya alam (tanah, air) dilakukan secara tradisional (sebahagian kecil) dan sebahagian yang lain secara modern (menggunakan traktor untuk membajak tanah, pupuk dan pestisida sintetis/non organik untuk tanaman)
Sistem kearifan lokal/tradisional sebahagian masih dipertahankan, misalnya dalam hal tanaman obat, waktu untuk memulai musim tanam baik lahan kering maupun lahan basah, pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan (pemali) dan masih ada sebahagian kecil masyarakat komunitas yang masih melakukan ritual-ritual di tempat-tempat yang dikeramatkan walaupun mereka sudah memeluk agama yang diakui oleh negara.
Pengelolaan hutan adat dilakukan secara tradisional yang peruntukannya sebagai tempat menanam komoditi perkebunan seperti kopi, kakao dan cengkeh dengan tetap mempertahankan species asli dari hutan tersebut, kecuali yang digunakan oleh masyarakat adat sebagai bahan bangunan dan kayu bakar, namun demikian cara mengambilnya tidak membabat habis tapi diambil sesuai kebutuhan.
Komunitas Adat Patongloan memiliki tempat bersejarah yang terkenal yaitu Benteng Alla yang merupakan benteng pertahanan dan saksi sejarah perjuangan masyarakat Adat Patongloan dalam melawan penjajahan Belanda, di benteng tersebut terdapat kuburan-kuburan batu (liang) yang sudah sangat tua dan menjadi tempat persemayaman nenek moyang masyarakat Adat Patongloan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar